Memahami Makna Asmaul Husna Al Muiid dan Mengamalkannya Dalam Keseharian

memahami makna Asmaul Husna Al Muiid dan mengamalkannya

Asmaul Husna ke-59 adalah Al Muiid yang punya arti Yang Maha Mengembalikan (Kehidupan). Seperti diketahui, Asmaul Husna adalah nama-nama Allah yang indah. Dimana. Sebagai umat muslim, Anda wajib mengetahui makna dari 99 nama Asmaul Husna dan mengamalkan maknanya dalam kehidupan sehari-hari.

Al Muiid memiliki makna bahwa sebagai umat muslim yakin Allah adalah yang menghidupkan kembali makhluk setelah kematian. Karena Allah nantinya memang menghidupkan manusia kembali setelah mati di hari kebangkitan. Dimana pada hari tersebut, seluruh manusia ciptaan Allah SWT mempertanggungjawabkan semua perbuatannya selama di dunia.

Dalam bahasa Arab klasik Al-Muiid memiliki akar kata -wd. Di mana berarti kembali ke sesuatu yang diulang, diproduksi dan kembali memulihkan serta memperbarui. Makna lebih dalam dari nama Allah ini adalah bahwa Allah bisa dengan mudah mengembalikan seluruh kehidupan. Allah bisa menghidupkan lagi seluruh makhluk yang sudah mati.

Asmaul Husna Al Muiid juga bisa bermakna Allah berkuasa untuk mengembalikan segala sesuatu atas kehendak-Nya. Termasuk juga kondisi kehidupan manusia, dimana Allah bisa mengembalikan keadaan dari buruk menjadi lebih baik dan sebaliknya dengan sangat mudah.

Dalil Asmaul Husna Al Muiid

Beberapa dalil Asmaul Husna Al Muiid dalam Alquran sebagai berikut. 

  • Surah Al Buruj Ayat 3
  • Surah Ar Rum Ayat 11
  • Surah Ar Rum Ayat 27

Mengamalkan Asmaul Husna Al Muiid Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Sebelumnya sudah dijelaskan bahwa Al Muiid adalah Yang Maha Mengembalikan. Kita sebagai muslim yang baik harus percaya, bahwa Allah SWT punya kehendak untuk menghidupkan yang mati di hari pembalasan.

Jadi yang hidup sebaiknya selagi masih diberi waktu dan kekuatan serta kesehatan maka lakukan dan upayakan semaksimal mungkin segala cara untuk bisa memperoleh surga Allah. Anda wajib memperhatikan apapun yang dilakukan dan menghindari keburukan.

Karena semua keburukan yang dilakukan di dunia Allah akan adili ketika nanti manusia sudah dibangkitkan kembali.

Anda harus senantiasa mengingat Allah adalah Al Muiid yaitu Allah berkehendak penuh atas kehidupan manusia. Allah juga berkehendak atas kondisi manusia, kalau mampu membolak-balikkan kondisi yang buruk menjadi baik dan sebaliknya. Sebagai manusia yang taat maka serahkan semua perkara dunia hanya kepada Allah. Tugas Anda sebagai manusia hanya menyempurnakan ibadah untuk bisa mencapai surga Allah.

Untuk memudahkan hafalan 99 Asmaul Husna dan mengamalkannya melalui panduan Asmaul Husna lengkap dengan artinya bisa mengunjungi website Surau.co.


EmoticonEmoticon