Pertama di Indonesia, Mahasiswa UPER Membuat Teh Talua Instan

Dalam memperingati Hari Ayam dan Telur 2022, mahasiswa Kampus Swasta Unggulan membuat inovasi pangan yang kreatif. Minuman khas tanah minang yang berbahan dasar telur, teh, dan jeruk nipis menjadi sajian yang mulai populer dengan cara yang kekinian.

Nah, penasaran bagaimana teh talua instan bisa tercipta di tangan mahasiswa Universitas Pertamina? Yuk, simak pembahasannya berikut ini!

Mengenal Teh Talua Instan Ala Mahasiswa UPER

Teh talua sudah terpercaya menjadi minuman yang berkhasiat untuk meningkatkan stamina dalam tubuh. Oleh sebab itu, minuman ini terkenal sebagai ramuan penangkal penyakit.

Walaupun pembuatan minuman ini terkesan sangat sederhana, tetapi tidak sedikit orang yang mengalami kesulitan dalam menghilangkan bau amis dari telur mentah pada minuman teh talua ini.

Karena rasa cinta pada minuman tradisional ini, kelompok mahasiswa dari Universitas Pertamina melakukan sebuah inovasi agar teh talua bisa menjangkau masyarakat luas secara praktis. Maka dari itu, tercetuslah produk teh talua instan yang pertama di tanah air.

Dengan berbagai dukungan dari pihak kampus, kelompok mahasiswa tersebut berhasil mendapatkan bantuan modal dalam Program Inkubasi Bisnis UPER dan Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha dari Kemendikbud Ristek.

Salah satu pemilik ide produk bernama Zikri mengatakan bahwa Teh Talua Instan ini menjadi yang pertama di Indonesia. Akses bantuan menjadi terbuka lebar karena Zikri berkuliah di Universitas Pertamina. Bahkan, bantuan modal yang kelompoknya terima bisa mencapai 22 juta rupiah.

Saat proses pengembangan produk teh ini, Zikri mengungkapkan bahwa lebih dari seratus bungkus teh talua instan telah melewati uji coba kepada orang sekitar. Sampai saat ini, responnya sangat baik karena mampu mengembangkan teh talua dengan cara lebih praktis tanpa menghilangkan rasa khasnya.

Dukungan Universitas Pertamina dalam Pengembangan Produk

Tidak hanya akan produksi dalam jumlah yang banyak, produk teh ini sedang mengurus perizinan administrasi agar bisa terjual secara resmi. Perlu kita ketahui bahwa Teh Talua Instan sudah memiliki Nomor Induk Berusaha.

Di samping itu, Universitas Pertamina sedang membantu kelompok mahasiswa tersebut untuk mengajukan dokumen PIRT, Pajak, Sertifikat Halal MUI, HAKI, dan BPOM.

Univeritas Pertamina sangat siap mendukung setiap usaha mahasiswanya. Hal ini bisa kita lihat dari berbagai program yang kampus tersebut tawarkan. Salah satu program yang saat ini telah berjalan adalah Program Inkubasi Bisnis.

Wakil Rektor Universitas Pertamina menyatakan bahwa kurang lebih ada 42 kelompok bisnis rintisan mahasiswa sudah memperoleh bantuan berupa modal dan pembinaan dari kampus.

Ingin tahu berbagai program dari Universitas Terbaik di Jakarta untuk meningkatkan keterampilanm mahasiswanya? Yuk, kunjungi universitaspertamina.ac.id. Semoga bermanfaat!


EmoticonEmoticon