Jangan Remehkan, Ini Cara Merawat Printer Agar Tidak Mudah Rusak

cara merawat printer agar tidak mudah rusak

Banyak orang yang menilai bahwa kerusakan pada printer karena komponennya sudah usang. Pandangan ini tidak selalu benar, lho. Faktanya, printer memang rentan mengalami kerusakan. Bahkan printer yang masih beroperasi beberapa minggu juga bisa rusak. Kita bisa cek banyak informasi mengenai printer yang error di GreenHouse Pc, lho.

Nah, untuk meminimalisir risiko kerusakan printer sejak dini, kita perlu rajin merawat printer tersebut. Berikut ini langkah perawatan yang bisa kita lakukan tanpa melibatkan ahli di bidang elektonik, lho.

Tidak Membiarkan Printer Penuh Debu

Ketika memiliki printer, hal pertama yang perlu kita lakukan adalah menjaga kebersihan. Terutama apabila debu menempel pada bagian keluar masuk kertas. Debu yang masuk ke bagian lebih dalam akan merusak komponen penting printer seperti cartridge.

Oleh sebab itu, lebih baik untuk membersihkan printer dengan kemoceng. Tidak perlu membersihkan bagian dalam printer, ya. Apabila bagian luar sudah terbebas dari debu setiap hari, maka kemungkinan rusak karena debu yang menempel bisa kita cegah.

Menggunakan Printer Secara Rutin

Adakah yang masih berpikiran bahwa printer yang sering terpakai akan cepat rusak? Padahal, pronter yang telah lama tidak kita gunakan pun juga bisa mudah rusak, lho. Tinta dapat mengendap sehingga printer tidak bisa mencetak dokumen secara maksimal.

Maka dari itu, lebih baik kita menggunakan printer secara rutin. Setidaknya kita menggunakan printer untuk mencetak dokumen dua hari sekali. Ini membuat tinta terus keluar dan lubang cartridge tidak tertutupi endapan tinta.

Mengetahui Kapasitas Kerja Printer

Cara merawat yang satu ini memang sering terabaikan. Perlu kita ingat bahwa printer tidak sama dengan mesin fotocopy yang dapat mencetak dokumen dengan jumlah banyak terus menerus.

Kita bisa mencetak banyak dokumen, namun dengan memberikan jeda agar printer dapat beristirahat. Misalnya, jika ingin mencetak 100 lembar dokumen, maka berikan jeda istirahat untuk setiap 10 lembarnya. Hal ini sangat bermanfaat agar printer tidak bekerja secara marathon.

Meletakkan Printer dengan Tepat

Penyimpanan printer juga bisa berpengaruh pada kualitas mesin. Jangan sampai printer kesayangan kita kontak langsung dengan matahari, ya. Hal ini karena alat UPC drum dalam cartridge sangat pekan dengan kehadiran cahaya sehingga mudah rusak.

Demikianlah beberapa cara merawat printer yang murah dan mudah. Mau tau Harga Printer terbaru? Yuk, kunjungi greenhousepc.shop sekarang juga!


EmoticonEmoticon