Tips Cerdas Memilih Jasa Konsultan Bisnis Berkualitas

tips memilih jasa konsultan bisnis

Bagi para pengusaha atau perusahaan, mungkin sudah tidak asing dengan yang namanya konsultan bisnis. Bisa dibilang, konsultan bisnis adalah seorang profesional yang bekerja sebagai penasihat para pebisnis atau perusahaan untuk meningkatkan operasi dan efisiensi bisnis.

 

Tugas konsultan bisnis mencakup membantu memberikan ide, mengidentifikasi, mengembangkan, mempertahankan dan hal-hal lain terkait bisnis kliennya. Selain itu, konsultan usaha juga harus mampu memberikan solusi atas masalah yang terjadi pada bisnis.

 

Mengingat perannya yang cukup penting dalam membantu mengembangkan perusahaan, maka kita perlu lebih selektif dalam memilih jasa konsultan bisnis yang berkualitas. Berikut ini adalah beberapa tips memilih jasa konsultan bisnis, di antaranya:

 

Periksa Portofolionya

 

Hal pertama yang perlu kita lakukan adalah mengecek portofolio jasa konsultan bisnis. Periksa siapa saja klien yang pernah menggunakan jasanya serta pencapaian apa saja yang telah diraih selama ini.

 

Informasi tersebut bisa kita cari melalui website bisnis mereka, salesperson atau testimoni dari para klien sebelumnya.

 

Periksa Legalitasnya

 

Selain memeriksa portofolionya, kita juga perlu memeriksa lebih lanjut tentang legalitas mereka sebagai konsultan bisnis. Cara ini penting untuk dilakukan.

 

Hal ini bertujuan supaya kita nantinya bisa terbebas dari masalah hukum serta mempertanggung jawabkan kemampuan yang mereka miliki.

 

Jangan Terfokus Pada Satu Konsultan Bisnis

 

Di Indonesia, terdapat banyak sekali konsultan bisnis. Maka dari itu, kita tidak bisa terfokus pada satu konsultan saja. Sebab, masing-masing jasa konsultan pasti memiliki kelebihan yang ditawarkan.

 

Lakukan perbandingan dari satu jasa konsultan dengan konsultan bisnis lainnya. Dengan begitu, kita bisa menentukan mana konsultan bisnis yang lebih unggul dan mematok harga sesuai budget.

 

Lakukan Wawancara

 

Tips lain yang bisa kita lakukan adalah bertemu dan mewawancarai calon konsultan bisnis pilihan. Tujuannya tentu untuk mengetahui karakteristik mereka dalam bekerja dan menyelesaikan permasalahan bisnis.

 

Hal ini juga penting dilakukan karena kita akan banyak bertukar pendapat dan berdiskusi bersama. Dengan komunikasi yang baik, maka kita dan konsultan bisnis akan sama-sama diuntungkan.

 

Demikianlah beberapa tips cerdas memilih jasa konsultan bisnis yang berkualitas. Salah satu konsultan bisnis yang bisa dijadikan pertimbangan adalah Klinik Bisnis dari The Entrepreneurs Society. Kita akan mendapatkan berbagai macam masukan terkait bisnis, salah satunya jika ingin memulai startup digital.

 

Tidak hanya konsultan bisnis, The Entrepreneurs Society juga merupakan komunitas pengusaha muda yang bisa kita manfaatkan untuk mendapatkan ilmu baru dan relasi baru. Dengan begitu, kita bisa berkembang dan turut memajukan wirausaha di Indonesia. Informasi selengkapnya bisa dilihat melalui te-society.com. Yuk gabung The Entrepreneurs Society sekarang juga!


EmoticonEmoticon