Mengenal Berbagai Hal yang Memicu Gigi Berlubang


 

Umumnya, gigi berlubang berawal adanya kerak pada gigi dan cara menghilangkan plak tersebut yakni dengan scaling bersama dokter gigi. Plak berasal dari sisa makanan yang memiliki kandungan gula seperti susu, roti, minuman ringan, permen.

Asam yang ada dalam plak secara perlahan mengikis lapisan gigi sampai membentuk lubang pada gigi. Terdapat bakteri yang bisa menjadi penyebab gigi berlubang adalah lactobacillus dan streptococcus mutans.

Tidak hanya itu, ada banyak faktor yang dapat memicu gigi berlubang. Apa sajakah itu? Yuk, simak pembahasannya berikut ini!

Kebersihan Mulut yang Tidak Baik

Tidak menyikat gigi secara teratur, apalagi dengan metode yang kurang tepat bisa menyebabkan sisa makanan tertinggal di sela gigi. Hal ini dapat memicu plak terbentuk lebih cepat.

Keadaan ini akan mempercepat kerusakan gigi. Maka dari itu, sebaiknya menyikat gigi dua kali sehari, yakni pada pagi haris setelah sarapan dan malam hari sebelum beranjak tidur.

Penumpukan Plak


Plak gigi merupakan lapisan lengket bening yang menyelimuti gigi. Plak ini terbentuk karena sisa makanan yang masih tertinggal pada gigi akibat pembersihan yang kurang tepat. Kemudian, plak yang sudah lama menumpuk akan mengeras menjadi karang gigi.

Karang gigi yang sulit bersih hanya dengan menggosok gigi. Penumpukan plak dapat mengakibatkan peningkatan jumlah bakteri yang bisa menghilangkan mineral pada enamel gigi yang keras.

Akhirnya, gigi menjadi berlubang. Saat lapisan enamel terkikis, bakteri dan asam dapat mencapai lapisan gigi bernama dentin. Lapisan gigi tersebut lebih lembut dari enamel dan tidak tahan dengan asam.

Terlalu Berlebihan dalam Mengonsumsi Makanan Manis

Terlalu sering mengonsumsi makanan atau minuman dengan kandungan gula yang tinggi seperti kue, es krim, sereal, dan permen, cenderung lebih mudah mengalami kerusakan gigi. Makanan atau minuman bergula mampu menurunkan pH pada plak gigi secara cepat. Efeknya, lapisan enamel gigi akan lebih mudah terkikis.

Demikianlah beberapa hal yang dapat menyebabkan gigi berlubang. Jika kamu mengalami tanda gigi berlubang hingga ada pembengkakan di wajah, gusi berdarah, kesulitan mengunyah, dan nyeri luar biasa pada gigi, maka kamu perlu segera pergi ke dokter gigi.

Klinik Axel Dental memiliki tim dokter gigi yang berpengalaman dan terlatih, serta mempunyai sertifikasi mapun lisensi terbaru. Kamu bisa menikmati berbagai layanan perawatan gigi sesuai dengan kebutuhan, termasuk pengobatan gigi berlubang.

Yuk, obati gigi berlubang bersama rekomendasi dokter gigi dari Klinik Axel Dental. Cek informasi selengkapnya hanya di axeldental.id. Semoga membantu.


EmoticonEmoticon