Daftar Alat Pelindung Diri yang Wajib Ada Ketika Proses Pengelasan

APD dalam proses pengelasan
source: i0.wp.com

Salah satu pekerjaan yang selalu ada di proyek konstruksi adalah pengelasan. Sama seperti pekerjaan lainnya, pengelasan juga membutuhkan Alat safety proyek untuk melindungi pekerja dari berbagai risiko yang ada.

 

Apalagi pengelasan berhubungan dengan api dan listrik sehingga pekerja sangat rentan mengalami kecelakaan kerja. Berikut ini sederet alat pelindung diri (APD) yang wajib dikenakan oleh pekerja las.

 

Pelindung Mata (Goggles)

 

Pancaran sinar ultraviolet dan inframerah yang sangat tinggi ketika proses pengelasan bisa diminimalisir dengan memakai pelindung mata. Goggles sendiri memiliki bentuk seperti kacamata yang lengkap dengan transmisi warna untuk menyesuaikan jenis las yang sedang terlaksana.

 

Misalnya, cahaya tingkat sedang memakai nomor warna 8 atau 5 sesuai dengan standariasi Jepang JIS T8441-1970. Goggles harus mampu menahan cahaya dan sinar yang membahayakan pekerja las.

 

Helm atau Topeng Las

 

Percikan api yang muncul saat mengelas dapat menimbulkan luka bakar jika terkena kulit pekerja. Oleh sebab itu, kulit perlu terlindungi supaya tidak terbakar api dari las.

 

Penggunaan helm khusus las sangat membantu melindungi wajah secara sempurna. Helm ini terbuat dari bahan tahan panas dan terlengkapi dengan tiga kaca. Kaca tersebut mempunyai kode nomor sesuai dengan ampere yang pekerja gunakan selama pengelasan.

 

Masker

 

Pengelasan di tempat tertutup seperti terowongan dengan ventilasi yang kurang baik mempunyai risiko tinggi terhirupnya debu maupun racun. 

 

Salah satu upaya untuk melindungi diri adalah menggunakan masker. Masker las mampu melindungi pekerja dari partikel kecil hasil kegiatan pengelasan yang bisa membahayakan diri.

 

Sarung Tangan

 

Panas yang muncul saat proses pengelasan dapat membuat tangan berkeringat. Guna membantu menyerap keringat, pekerja harus memakai sarung tangan las berbahan asbes lentur atau kulit yang harus terlapisi bahan katun di dalamnya.

 

Tidak hanya itu, katun juga berguna untuk mengurangi risiko terjadinya kecelakaan kerja yang berhubungan dengan listrik.

 

Sepatu Keselamatan

 

Masih berkaitan dengan listrik, tegangan tinggi ketika proses pengelasan bisa membahayakan pekerja. 

 

Sepatu las yang berbahan kulit dan lengkap dengan plat baja di bagian depan bisa melindungi kaki dari sengatan listrik. Hal tersebut karena sepatu khusus ini bersifat isolator terhadap listrik.

 

Demikianlah beberapa APD yang harus pekerja las gunakan untuk melindungi dirinya ketika bekerja. Anda bisa mendapatkan berbagai alat pelindung diri di PT. Aegisindo Mitra Sejati.

 

Aegisindo safety merupakan distributor supplier toko alat safety proyek yang menyediakan produk bersertifikat SNI, ISO, CE, EN dan menawarkan produk dari berbagai brand.

 

Penasaran dengan produk terbaik dari tempat jual Alat safety terdekat ini? Yuk, segera kunjungi www.aegisindo.co.id. Semoga bermanfaat

 

# Toko Alat Safety Terdekat dan Terlengkap, termurah di Cikarang, Karawang, Bekasi, Purwakarta, Batang, Kendal, Cilegon, Subang, Cilacap, Balikpapan, Pontianak, Banjarmasin, Palangkaraya, Kalimantan, Sorong, Mimika, Manokwari, Papua, Morowali, Makasar, Mamuju, Sulawesi, Denpasar, Bali, Maluku, Lombok, Sidoarjo, Surabaya, Bandung, Jakarta, Yogyakarta, Solo, Semarang, Aceh, Batam, Riau, Pekanbaru, Medan, Padang, Jambi, Palembang, Bengkulu, Lampung, Banten #


EmoticonEmoticon